130 Personel Ikuti Tes Uji Kenaikan Pangkat

MALANG, TRIBUNUS-ANTARA.COM – Sebanyak 130 personel yang terdiri dari Kodim 0823/Situbondo, Kodim 0824/Jember, Kodim 0825/Banyuwangi dan Yonif 527/BY, dikumpulkan di lapangan Rampal, Kota Malang. Tes uji kenaikan pangkat kali ini, dipantau langsung oleh Kepala Seksi Personel (Kasi Pers) Korem 083/Baladhika Jaya, Letkol Czi Sujangi.

Sujangi mengungkapkan, terdapat beberapa materi tes uji yang harus dilewati peserta UKP saat ini. Selain lari jarak 3.200 meter, peserta juga diwajibkan untuk bisa melewati uji tes renang militer dengan jarak 50 meter.

“Ada tiga kategori. Kategori A, peserta akan memasuki tes uji lari. Untuk kategori B, peserta harus melakukan pull up, sit up, push up dan shuttle run. Dan yang terkahir, kategori C, di kategori akhir itu peserta harus bisa menunjukkan kemampuan renang militernya,” ungkap Sujangi ketika ditemui di sela-sela pelaksanaan uji Garjas UKP.

Sebelum mengikuti tes uji, para peserta diimbau untuk memastikan kondisi fisik terlebih dahulu. Sebab, menurut Kasi Pers, kondisi fisik yang prima merupakan salah satu syarat terpenting yang dipenuhi oleh para peserta.

“Kalau ada yang sakit, terpaksa tidak kita perbolehkan. Maka dari itu, sebelum mengikuti tes kita yakinkan kondisi kesehatannya terlebih dulu,” ujarnya.

Loading...

Perlu diketahui, tes garjas yang berlangsung di lapangan Rampal saat ini, merupakan salah satu persyaratan yang harus diikuti oleh para prajurit sebelum dinyatakan layak menyandang pangkat baru (naik pangkat, red).