Densus 88 Temukan Buku Al-Qaeda di Probolinggo

Agus Purnomo, terduga teroris warga Probolinggo ditangkap Densus 88 Antiteror, di Probolinggo, Jawa Timur. Dari rumah Agus, Densus mengamankan bahan kimia hingga buku Al-Qaeda.

Penggeledahan itu dilakukan di rumah kelahiran Agus, Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Dari hasil penggeledahan, tim Densus 88 Antiteror dan tim Gegana Polda Jatim mengamankan dua botol cairan kimia H2OHCl, black powder, 1 bendera hitam dan gambar pedang, serta buku Al-Qaeda. Selain itu, tim menyita senjata angin dengan kaliber lima, parang, dan beberapa casing untuk rakitan.

“Barang bukti yang sudah diamankan ini langsung dibawa ke Polda Jatim,” kata Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal kepada wartawan di lokasi, Jumat (18/5/2018)

Alfian mengatakan terduga teroris Agus merupakan satu jaringan dengan Muhammad Fatwa, Irvan Suharianto, dan Hafit S Arifin, yang diamankan oleh Densus 88 Antiteror bersama Polres Probolinggo Kota pada Kamis (17/5). Agus juga diduga satu jaringan dengan bomber rentetan teror di Jawa Timur.

Terduga Teroris Asal Probolinggo Guru PNS, Ajari Muridnya Memanah dan Menembak

“Keempat terduga jaringan teroris di Probolinggo ini merupakan satu jaringan dengan aksi teror di Surabaya dan Sidoarjo beberapa hari lalu. Kami masih terus melakukan penyelidikan dan penyidikan atas jaringan ini,” jelasnya.

Loading...

Alfian meminta warga tak khawatir atas penangkapan terduga teroris tersebut. Dia menjamin kepolisian akan melakukan pengamanan terhadap masyarakat di Probolinggo. (Detik/FT/am)