0Shares

Berikut ini adalah  defile kapal perang Angkatan Laut China yang luar biasa. Karena dalam satu formasi massif, total 43 kapal perang AL China melintas di Laut China Selatan.

Tentu tidak disengaja, sebuah satelit swasta yang melintas dan tidak disebutkan namanya seperti dikutip popularmechanics.com, menangkap formasi kapal perang ini di Laut Cina Selatan. (LCS)

Latihan ini sepertinya dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan China kepada negara tetangganya, terkait banyaknya masalah klaim wilayah di LCS. Inilah pesan keras sang naga kepada tetangganya.

Kapal induk Liaoning terlihat dalam formasi. Foto: Planet Labs via popularmechanics.com
Citra satelit ini menunjukkan total 43 kapal berlayar dalam satu dua sejajar. Satu-satunya kapal yang bisa langsung diidentifikasi adalah kapal induk Liaoning. Terlihat beberapa jet tempur J-15 di dek Liaoning.

China menempatkan kapal perangnya di bawah tiga komando, yaitu Angkatan Laut Utara, Timur, dan Selatan. Namun sebagian besar dari kapal-kapal ini diduga berasal dari Armada Selatan, komando angkatan laut yang paling dekat dengan LCS.

Loading...

Saat ini China diperkirakan mengoperasikan 4 kapal selam serang nuklir, 16 kapal selam serang elektrik, 7 kapal perusak, 22 frigat, 12 korvet, 3 kapal amfibi besar, dan 35 kapal patroli rudal.  (red)

0Shares