130 Prajurit Kodim 0811/Tuban Menerima Binsiap Apwil dan Puanter

TUBAN, TRIBUNUS.ANTARA.COM – Komando Distrik Militer 0811/Tuban melaksanakan Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan K
emampuan Teritorial (Binsiap Apwil dan Puanter) Triwulan II TA. 2016, yang diikuti 130 Prajurit, pemberi materi oleh Tim Wasev dari Korem 082/CPYJ Mayor Arm Edy B bertempat di Aula Letda Soetjipto Tuban. Rabu (11/5).

Materi Binsiap Apwil dan Puanter yang diberikan langsung oleh Tim Wasev dari Korem 082/CPYJ Mayor Arm Edy B dan Danramil jajaran Kodim 0811/Tuban ini diantaranya sikap tertorial, lima kemampuan teritorial, metode binter, pengetahuanterorisme, dan pengetahuan bencana alam. Selain itu, macam yang digunakan, yaitsosialisasi, penataran, pembekalan, belajar, dan berlatih, dengan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab.

Sementara itu, materi-materi lain yang diberikan pemateri adalah materi SaptaMarga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI, Visi dan Misi TNI AD, sikap teritorial, 5kemampuan teritorial, 3 metode binter, bahaya terorisme, netralitas TNI, kebijakanpimpinan TNI AD, 4 pilar kebangsaan, dan transformasi binter. Materi-materitersebut berpedoman pada UU No. 3 Tahun 2002 tentang Hanneg, UU No. 34 Tahun2004 tentang TNI, yang bertujuan untuk memberdayakan wilayah, menyiapakansegala sesuatu agar di jadikan sebagai pendukung pertahanan negara di darat danmewujudkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Sasaran penyelenggaraan Binsiap Apwil dan Puanter ini yaitu agar lebih optimal, efektif dan efesien dalam penyelnggaraan dan acuan pelaksanaannya serta dapatmeningkatkan kemapuan prajurit yang dalam melaksanakan, menjabarkan,menyosialisasikan Binter di wilayah, sehingga terwujud prajurit yang memiliki mental,disiplin, semangat yang tangguh dan profesional, serta dapat berintegrasi dengankomponen masyarakat dalam melaksanakan tugas di satuan komando kewilayahandi jajaran Kodim 0811/Tuban.Kegiatan ini juga bisa menyamakan langkah dan misi para Babinsa dalampengabdian kepada bangsa dan negara melalui tugas pembinaan teritorial diwilayahnya dan terpeliharanya kemanunggalan TNI-rakyat.

Tujuan kegiatan ini adalah sebagai pedoman bagi satuan komando kewilayahandalam melaksanakan kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan sertameningkatkan kemampuan teritorial di wilayah Kodim 0811/Tuban, sehingga dapatberjalan dengan tertib, aman, dan lancar serta mencapai hasil yang optimal.Dalam sambutannya Mayor Arm Edy B mengatakan, bahwa aparat kewilayahanperlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial agarmemiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas serta mampuberintegrasi dengan komponen bangsa lainnya.

Loading...

“Sosialisasi ini penting untuk prajurit komando kewilayahan, dengan tujuan prajurit bisa lebih memahami tugas dan tanggung jawabnya. Sehingga tidak terjadi keraguan dalam mengaplikasikan atau melaksanakan tugas di lapangan,”ujarnya.(Pen).